Menguasai Emas=Mengendalikan Dunia?(3)



Kondisi ini membuat siapapun yang menggunakan Dollar terpaksa ikut terkena dampak dari setiap pergerakan Dollar, termasuk menanggung hutang dan defisit bangsa Amerika. Ekonomi global makin bergantung pada perekonomian Amerika, sementara rumah tangga perekonomian Amerika sendiri sedang tergantung pada penurunan nilai Dollar. Memang sebelum Perang Vietnam Amerika memiliki posisi keuangan yang kokoh dan memegang lebih dari separuh cadangan devisa dunia waktu itu. Saat ini...situasi telah berubah drastis. Bangsa Amerika sangat menggantungkan diri pada tabungan negara-negara lain untuk membiayai hutang dan defisit keuangan mereka. Lebih dari 60% sirkulasi Dollar berada di luar Amerika dan sebagian besar obligasi Amerika dimiliki oleh asing-khususnya Jepang dan China.

Para pecinta emas (Gold Bugs) sangat meyakini akan kejatuhan Dollar Amerika di masa mendatang, bahkan mungkin tidak lama lagi. Jika nilai Dollar jatuh, maka mata uang kebanggaan Paman Sam itu akan menjadi lembaran tak berharga.

Tahun 2008 lalu harga emas sudah berputar-putar di angka US$ 1000 per Troy Ons. Pada Maret 2009, harga emas mencapai US$ 950 per Troy Ons. Bukan tidak mungkin kejatuhan Dollar sudah di ambang pintu...

0 komentar: "Menguasai Emas=Mengendalikan Dunia?(3)"