Menguasai Emas=Mengendalikan Dunia?(2)


Menurut Perjanjian Bretton Woods, masing-masing negara mematok mata uang kertasnya terhadap US Dollar dengan jaminan emas, yaitu US$ 35 dijamin dengan 1 ons emas. Perjanjan atau standar emas ini berlangsung selama 27 tahun hingga tahun 1971, dimana saat itu pemerintah Amerika Serikat sedang mengalami kesulitan ekonomi akibat Perang Vietnam, tidak mampu lagi mempertahankan jaminan atas uang kertas dengan jaminan cadangan emas yang dimilikinya, akibat besarnya aliran penukaran US$ dengan emas, sehingga mendorong pemerintah Amerika untuk tidak lagi menjamin US$ dengan emas.

Sejak saat itu uang kertas tidak lagi dijamin dengan emas, tetapi didukung oleh ketersediaan cadangan devisa (emas dan valuta asing) yang dimiliki bank sentral masing-masing negara dan supply-demand yang ditentukan oleh kondisi fundamental ekonomi masing-masing negara.

Dampak Penghapusan Standar Emas
Saat ini perekonomian dunia sangat tergantung pada dollar Amerika. Perekonomian global terbentuk untuk menghasilkan barang dan jasa semurah mungkin untuk dikonsumsi Amerika sebagai negara yang paling besar menyerap produksi dan negara yang paling konsumtif. Dollar Amerika kemudian menjadi pengganti emas, dan secara de facto merupakan fundamen dari sistem moneter global di seluruh dunia. Segala sesuatu yang mempunyai nilai selalu diukur dan dibandingkan dengan dollar, bukan lagi emas.

0 komentar: "Menguasai Emas=Mengendalikan Dunia?(2)"